ceritaku

Selasa, 16 Agustus 2011

EFEKTIVITAS

Efektivitas
 
      Pengertian efektivitas telah disampaikan oleh para ahli diantaranya :
Sondang P. Siagian (2001: 24) dalam artikel dari internet tentang efektivitas (http://othenk.blogspot.com/2008/11/pengertian-tentang-efektivitas.html) memberikan definisi sebagai berikut:
“Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya”. 

Sejalan dengan pengertian di atas Arif Suadi  (2001: 7) mengemukakan :
“Efektivitas adalah kemampuan untuk mengerjakan yang benar. Efektivitas merupakan perbandingan antara keluaran (output) dengan tujuan”.

      Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa efektivitas menyangkut derajat keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Singkatnya efektivitas adalah melakukan sesuatu yang “benar”. Efektivitas menunjukan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya. Terkait dengan pengendalian intern pengeluaran kas maka efektif dalam hal ini adalah sejauh mana sistem pengeluaran kas yang telah dirancang dan ditetapkan perusahaan mampu mendukung pencapaian tujuan perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar